Ungkap kasus pengeroyokan Sersan Kepala Heru Santoso

saat sorotan cenderung diarahkan kepada tni ad perihal persentasi penyerbuan bersenjata ke lp cebongan, banyak Salah satu hal dan cenderung dilewatkan, yakni apa cara polisi menuntaskan kasus pengeroyokan hingga tewas sersan kepala heru santoso pada 'hugos cafe?

kepolisian indonesia mesti langsung menuntaskan persentasi pengeroyokan dengan korban tewas sersan kepala heru santoso, kata ketua presidium indonesia police watch, neta pane, pada jakarta, rabu.

pengeroyokan hingga tewas santoso (anggota komando distrik militer setempat, eks anggota kelompok 2 komando pasukan khusus tni ad) dengan kawanan preman selama 'hugos cafe inilah yang jadi titik pangkal penyerbuan bersenjata Salah satu kelompok, yang dinyatakan terdiri dari 11 personel kopassus tni ad dari kandang menjangan, surakarta.

gerombolan preman penganiaya sampai tewas santoso, dan sejak berlarut malang-melintang dan tak digulung penegak hukum selama sana tersebut, diungkap kepolisian daerah diy terdiri dari empat pihak saja, yakni gameliel yermiyanto rohi riwu, adrianus candra galaja, hendrik angel sahetapi alias deki, juga yohanes juan manbait.

Informasi Lainnya:

sehari sesudah santoso dikeyorok hingga tewas dengan gerombolan juan, polisi menjerat keempat preman sadis itu. semula mereka ditahan pada sel tahanan markas kepolisian daerah diy; tapi akhirnya dipindahkan ke lp cebongan dalam Satu iringan berpengawalan polisi.

pimpinan lp cebongan paham, juan cum suis adalah barang panas yang berpotensi masalah serius. sebab demikian bagian lp cebongan membayar pengawalan menetap 24 jam kepada polisi pada empat tahanan titipan polisi itu.

inilah titik awal kedua kerawanan dan tak ditindaklanjuti secara serius dengan polisi sebab pengawalan tersebut tak sudah diberikan. cerita seterusnya, juan cs tewas direjang peluru selama sel tahanannya selama lp cebongan itu.

karena tersangka pengeroyokan santoso itu (juan cs) sudah tewas maka proses hukum seterusnya seolah dianggap tutup buku. padahal masih ada pertanyaan menyisa serta mesti dibuktikan kebenarannya.

pane, menilai, saat tersebut santoso yang dan anggota kopassus dikeroyok 11 pihak juga polisi masih menangkap empat pihak. artinya baru banyak tujuh tersangka penganiaya hingga tewas santoso dan bebas berkeliaran. keuntungan ini dan belum pernah diungkap polisi kepada umum sampai sekarang.

menurut pane, peristiwa santoso dalam 'hugos cafe ini menjadi penting karena inilah dan adalah motif penyerangan ke lp cebongan. manakala polisi tidak kunjung menuntaskan angka 'hugos cafe, ipw mendesak agar tim investigasi tni ad berkurang tangan menginvestigasinya.

tim tni usah berkurang tangan karena jumlah 'hugos cafe Salah satu rangkaian melalui cebongan. dalam persentasi 'hugos cafe belum dituntaskan, sebaiknya 11 anggota kopassus tersangka angka cebongan jangan disidangkan lagi dalam peradilan militer sebab bisa menjadi unsur dan meringankan bagi mereka, tutur pane.

menurut undang-undang acara, polisi sipil berwenang juga wajib menyidik juga menyelidiki pelanggaran pidana masyarakat negara sipil; juan cum suis adalah warga negara sipil. agar anggota militer, hal tersebut dilaksanakan polisi militer.

tim investigasi tni tidak melihat persentasi cebongan dengan sepotong-sepotong namun mesti melihatnya dengan menyeluruh. cctv dalam 'hugos cafe mesti dibuka segera untuk digemari siapa saja ke sebelas pengeroyok dan bagaimana mereka menghabisi santoso, papar pane.