Pria berusia 80 akan menaklukkan Everest

seorang laki-laki asal jepang akan membuktikan kiranya umur bukan penghalang agar mencapai cita-cita.

dialah yuichiro miura, betul pendaki gunung dan telah berumur 80 tahun, serta telah empat kali menjalani bedah jantung berniat mendaki puncak everest--puncak tertinggi selama dunia--untuk ketiga kalinya.

jika berhasil, ia hendak merupakan pendaki everest tertua dan tercatat selama sejarah.

miura sudah mendaki ke puncak gunung setinggi 8.850 meter tersebut selama 2003 dan 2008. ia malahan berselancar berkurang dari ketinggian 8.000 selama tahun 1970.

miura bersama sembilan pihak anggota tim hendak mendaki dalam jalur standar melalui rute tenggara yang dibuka oleh sir edmund hillary juga tenzing norgay, dua pendaki dan merupakan pihak pertama mencapai puncak everest pada mei 1953.

pencapaian rekor tidak begitu berguna bagi saya, papar pria beruban itu pada reuters di nepali, ibukota kathmandu, sebelum menggarap pendakian.

Baca Juga: Pulau Tidung - Mencari Peluang usahaJual Cream Adha

yang penting merupakan mencapai puncak, ujar dia.

catatan rekor agar orang tertua dan mendaki puncak itu dipegang dengan pendaki nepal min bahadur sherchan, yang mencapai puncak di tahun 2008 saat berusia 76 tahun.

seorang dokter ahli jantung tergabung dalam tim agar mengawasi kesehatan miura. grup ini bekerja tiba di puncak selama mei.

miura telah berselancar menuruni puncak gunung tertinggi dalam tujuh negara, serta ini melanjutkan tradisi keluarga. almarhum ayahnya keizo miura, menuruni mount blanc di eropa pada usia 99 tahun.

jika kamu sediakan keperluan yang sangat kuat, keteguhan hati serta daya tahan, maka anda dapat mencapai puncak impian, papar miura.

ia telah mempunyai impian baru, yaitu menuruni cho oyu, puncak setinggi 8.201 meter--yang juga ada di himalaya.

mungkin saat saya berusia 85 tahun, manakala baru hidup saya ingin mendaki dan menuruni cho oyu, papar miura.

sekitar 4.000 pendaki sudah mencapai puncak everest juga 240 orang pendaki yang lain menghembuskan nafas selama lereng gunung tersebut.