Kepala BNP2TKI: KBRI Qatar cekatan tangani TKI

kepala badan nasional penempatan serta perlindungan tenaga kerja indonesia (bnp2tki), moh jumhur hidayat, memuji kedutaan sulit ri (kbri) di qatar karena cekatan mengatasi masalah tki serta giat mempromosikan potensi tki pada negara tersebut.

kbri qatar bahkan amat proaktif mengupayakan promosi tki formal pada berbagai sektor perhatian dengan menggandeng pengguna perusahaan atau kelompok masyarakat agensi perekrut tenaga kerja asing. hal ini tentu upaya signifikan ke arah penetrasi pasar kerja di qatar agar kaum tki formal berkualitas, ujar jumhur selama yogyakarta, jumat.

ia menceritakan selama kunjungan kerjanya selama qatar, minggu-rabu (31 maret - 3 april) 2012, sudah menyaksikan segera aspek penanganan tki dengan kbri di qatar dan tergolong bagus dan terencana terlebih pada menuntaskan setiap permasalahan tki plrt.

di bawah kewenangan duta besar ri selama qatar, deddy saiful hadi, tingkat permasalahan tki plrt yang mengadu serta sebagai tki kaburan ke kbri betul-betul memperoleh memperhatikan serius, oleh karenanya jumlah para tki tidak menumpuk dalam shelter/penampungan kbri, detail jumhur.

Baca Yang Lain: Pembuatan Toko Online - Jasa Pembuatan Toko Online - Jasa Pembuatan Toko Online Murah - Pembuatan Toko Online

menurut dia sedikitnya 50 tki plrt pada setahun adalah tki kaburan dan datang ke gedung kbri qatar, dengan beragam persoalan mulai gaji tak dibayar, korban kekerasan fisik, pelecehan seksual, konsentari tidak pas perjanjian kerja, akibat kecelakaan pada web kerja/rumah majikan, sakit, juga sebagainya.

kbri qatar, kata jumhur, tak sudah mengabaikan kasus-kasus tki plrt dan terjadi pada negara tersebut. melalui demikian, angka tki bermasalah di kbri pun kerap teratasi dalam waktu singkat sebab telah ditangani dengan prosedur segeralah, sigap, dan efisien.

kbri qatar amat peduli melalui seluruh masalah tki, tergolong aktif menggarap pemulangan para tki bermasalah ke tanah air bila harus melalui skema penyelesaian di tanah air, ujarnya.

sementara itu, pada menerima keberadaan kaum tki formal, kbri dipandang jumhur mampu berperan aktif juga komunikatif melalui penciptaan forum-forum kekeluargaan, karenanya tidak heran kbri qatar dibaratkan rumah nyaman kepada para tki formal dan tersebar selama seluruh qatar.

berdasarkan data pusat penelitian, pengembangan, dan info (puslitfo) bnp2tki, sekitar 32 ribu tki berada di qatar melalui sebagian besar terdiri tki plrt dan sisanya bekerja di perusahaan perminyakan, gas, keperawatan, hospitality, serta jasa keuangan.

jumhur menyatakan qatar sejauh ini maju pesat selama kemajuan teknologi, pembangunan infrastruktur, pusat bisnis, dan lebih istimewa dijadikan kawasan termaju di negara-negara teluk yang ada di timur sedang.

qatar berpenduk 1,8 juta jiwa dengan penduduk asli berkisar 350 ribu orang, selebihnya mewakili para imigran semisal india, pakistan, asia, juga afrika. qatar juga negara melalui penghasilan perkapita tertinggi di dunia yakni 106.000 usd per tahun.

selain berkoordinasi di menangani permasalahan tki plrt dengan kbri qatar, jumhur juga meninjau para tki plrt bermasalah yang banyak dalam kbri, berdialog dengan kaum tki sektor formal meliputi kewajiban penggunaan kartu tenaga kerja luar negeri (ktkln) supaya berbagai tki, dan menggelar sederat pertemuan dengan zat pemerintah, qatar chambers of commerce and industry, serta bagian agensi perekrut tenaga kerja asing guna memperluas usaha penempatan tki berkemampuan formal di qatar.