Abbas dan pejabat Israel bahas kelanjutan pembicaraan perdamaian

presiden palestina mahmoud abbas, sabtu (6/4), mengadakan pertemuan rahasia dengan asli pejabat senior israel untuk membicarakan kelanjutan perundingan perdamaian dan terhenti, tutur Salah satu sumber dipercaya, sabtu.

pertemuan itu diselenggarakan selama malam kunjungan menteri luar negeri as john kerry ke israel juga tepi barat sungai jordan pada minggu. kerry mengunjungi wilayah itu guna membantu israel dan palestina melanjutkan pembicaraan mereka, dan telah terhenti dari oktober 2010.

meskipun washington menyebut kunjungan ke tiga kerry ke timur tengah pada Satu bulan sebagai perjalanan mendengar, media as dan israel menyatakan diplomat senior washington tersebut mau berusaha mendapatkan cara membangun tinggal kepercayaan daripada kedua pihak agar meneruskan pembahasan perdamaian.

satu aksi yang mampu kerry lancarkan ialah membujuk israel supaya membebaskan sebagian tahanan palestina dan ditahan selama penjara serta pemerintah otonomi nasional palestina (pna) mencabut upayanya supaya menuntut israel dalam mahkamah pidana internasional (icc).

Informasi Lainnya:

sumber israel tersebut, dan tak ingin dikenalkan jatidirinya, memberitahu xinhua pertemuan antara abbas juga pejabat israel tersebut diselenggarakan pada properti abbas di kota ramallah, tepi barat, jauh dari media massa.

sumber tersebut tidak bersedia menuturkan identitas pejabat senior israel itu, dan mengadakan pembicaraan dengan abbas dalam sabtu pada ramallah. tapi ia menyatakan kedua pejabat tersebut membahas perkembangan upaya untuk melanjutkan pembicaraan langsung dan masalah tahanan palestind selama pada penjara israel.

pertemuan diantara abbas juga pejabat senior israel itu adalah dan pertama sejak pembahasan perdamaian langsung diantara kedua bagian berhenti, sesudah pemerintah israel meneruskan pembangunan permukiman selama tepi barat dan jerusalem timur.