Tentara Nigeria tewaskan enam pemberontak

tentara-tentara nigeria telah menewaskan enam tersangka pemberontak selama penyergapan penggerebekan dan dilakukan ke suatu rumah selama kota utama selama utara, kano, dalam jumat.

pada ketika yang sama, militer nigeria kehilangan Salah satu personelnya pada kontak senjata, tutur pihak militer.

kelompok radikal boko haram serta kelompok-kelompok lainnya sudah merupakan ancaman utama pada stabilitas dalam nigeria, negara afrika penghasil utama minyak serta kian mengancam negara-negara tetangganya semisal kamerun.

boko haram telah menewaskan ratusan orang dalam serangan senjata dan bom, tergolong 25 warga di kano bulan lalu, dari kelompok tersebut meningkatkan penampilan pemberontakan mereka dua tahun lalu.

Informasi Lainnya:

pemberontakan dilancarkan melalui objek wisata supaya membentuk negara islami selama luar nigeria --yang penduduknya memiliki ajaran beragam.

dalam operasi pagi ini, betul tentara dan enam teroris terbunuh, kata juru bicara gugus tugas militer ikedichi iweha kepada kaum wartawan.

militer nigeria sesungguhnya jarang memberikan pengakuan menyangkut korban dalam pihak mereka atau warga sipil yang tewas dalam penampilan baku tembak.

iweha menungkapkan sudah mengamankan persenjataan, termasuk unsur-unsur peledak, sebelum menghancurkan properti dan ditinggali para pemberontak tersebut.

pemerintah negara-negara barat mengkhawatirkan bahwa hubungan melalui kelompok-kelompok seperti sayap afrika utara al-qaida akan menarik islamis nigeria menuju agenda anti-barat dan lebih tegas.

kelompok nigeria yang mempunyai kaitan dengan al-qaeda, ansaru, bulan kemarin menyampaikan pihaknya telah membunuh tujuh sandera penduduk asing dan mereka culik selama 7 februari 2012 di negara pihak utara bauchi untuk akibat keberadaan aksi-aksi percobaan untuk membebaskan mereka.

sebuah keluarga prancis telah diculik dari kamerun bulan februari serta diyakini bahwa mereka ditahan oleh boko haram di nigeria.

para pemimpin tradisional utara telah meminta presiden nigeria goodluck jonathan agar menungkapkan pemberian ampunan kepada para pejuang boko haram dan bersedia meletakkan senjata, semisal yang terjadi pada masa 2012 sampai berhasil menghentikan aksi-aksi militan di bertahun-tahun dalam wilayah selatan penghasil minyak, niger delta.

sumber di kelompok masyarakat kepresidenan menyatakan jonathan tengah mempertimbangkan langkah semisal itu, namun ia menyatakan dalam waktu 2012 bahwa kaum anggota kelompok-kelompok islamis harus mengatakan jati diri mereka --sesuatu yang belum sudah mereka ingin lakukan.