Kepala BPN serahkan 17.680 sertifikat di Makassar

kepala badan pertanahan nasional (bpn) ri, hendarman supandji memberikan sertifikat tahap pertama tahun 2013 sebanyak 17.680 sertipikat tanah terhadap warga, polda sulsel, kodam wirabuana, dinas perhubungan juga instansi pemerintah lainnya di makassar, senin.

dalam keterangan tertulis humas bpn, menyebutkan penyerahan sertifikat tersebut diselenggarakan dengan simbolik dengan kepala bpn kepada 46 penerima pada halaman rumah jabatan gubernur sulawesi selatan, senin.

sebanyak 17 ribu lebih sertifikat ini merupakan hasil kerja kanwil bpn sulawesi selatan dari januari 2013 sampai sekarang. ini merupakan hasil kerja luar biasa dari segenap jajaran bpn sulsel. total target tahun ini 38 ribu sertifikat tanah selama sulawesi selatan, kata hendarman.

dia mengajarkan agar berbagai wilayah indonesia terkandung kurang lebih 85 juta jenis tanah dan mesti disertifatkan. hingga saat baru 45 juta bidang yang telah diberikan sertipikat.

Informasi Lainnya:

oleh sebab itu, jajaran bpn ri supaya bekerja lebih bersegeralah agar memberikan pelayanan sertifikat tanah dan lebih baik terhadap penduduk.

hendarman menekankan untuk seluruh jajaran selama bekerja taat kepadan agama dan taat pada azas supaya masyarakat mendapat pelayanan pasling baik.

pada kesempatan itu, hendarman tinggal mengingatkan dua tugas yang diberikan presiden susilo bambang yudhoyono kepadanya di memimpin bpn. presiden memberi aku dua tugas yakni mengurangi sengketa juga harus disadari pada pihak kecil, ujarnya.

untuk itu, bpn hendak terus menggalakkan program-program pro-rakyat yang di ini telah berjalan. program-program tersebut diantaranya sertipikat prona tidak perlu bayar, website jemput bola layanan sertifikat tanah supaya rakyat (larasita) juga situs one day service.

mantan jaksa agung ri itu dan menekankan kembali prinsip dasar kiranya tanah adalah sumber kesejahteraan serta kemakmuran kepada rakyat, oleh karenanya tanah mesti dihindarkan daripada spekulasi.

sejalan melalui penggalakan program pro-rakyat itu, bpn dan hendak mempertimbangkan hak guna usaha (hgu) terhadap perusahaan serta holding perusahaan yang sudah memiliki hgu lumayan luas. saya juga hendak meminta agar pemegang hgu membangun konsep plasma dan inti untuk penting kepada warga, tegasnya.

kepala kanwil bpn sulawesi selatan, elfachri budiman mengatakan 17.680 sertipikat yang dibagikan itu keduanya terdiri daripada prona 11.282 bidang, redistribusi tanah untuk rakyat miskin 2942 bidang, upaya-upaya kecil menengah (ukm) 465 jenis, nelayan 469 bidang, warga berpenghasilan rendah (mbr) 75 jenis, instansi pemerintah 474 bidang, larasita 1.097 jenis, wakaf 73 jenis serta sisanya 803 agar pertanian.

elfachri dan mengakui sengketa tanah cukup ada selama wilayah kerjanya. kami sudah melaksanakan 220 sengketa lewat mediasi dan gelar perkara, ujarnya.

sementara itu, gubernur sulsel syahrul yasin limpo menyatakan pihaknya siap berusaha sama dengan bpn agar melancarkan proses sertipikasi tanah terhadap warga. jenis kerja sama itu salah satunya melalui penandatangan mou antara gubernur sulsel dengan kakanwil bpn sulsel yang disaksikan kepala bpn ri.