Jalur Ponorogo-Pacitan terputus akibat jembatan runtuh

jalur kemarin lintas ponorogo-pacitan terputus sesudah suatu penghubung penghubung yang ada di desa caluk, kecamatan slahung, kabupaten ponorogo, jawa timur, runtuh tergerus banjir, sabtu malam.

kasi pencegahan badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) ponorogo, setyo budiono, minggu mengajarkan, kerusakan parah di badan penghubung terjadi akibat salah Salah satu tiang penghubung ambruk.

jembatan putus sekitar jam 20.00 wib (sabtu, 6/4) malam. tersebut akses utama di jalur provinsi (ponorogo-pacitan) sehingga praktis kemarin lintas menuju pacitan terputus total, jelasnya.

belum ada upaya darurat dan mampu diselenggarakan supaya keluar dari kerusakan tersebut. hampir 40 persen badan jembatan utama tersebut runtuh ke dasar sungai.

Informasi Lainnya:

jembatan ambruk dijadikan akibat jebolnya dam dan jaraknya berada berada tak jauh daripada tujuan kejadian, sekitar sebulan 2012. dampak jebolnya dam sudah memesan bangunan plengsengan selama tepian kanan kiri sungai ambrol dan merembet hingga ke pihak penghubung, katanya.

tidak banyak catatan korban jiwa pada peristiwa tersebut. penduduk serta petugas pun langsung menutup akses jalan dan menghentikan semua kendaraan yang melaju daripada arah ponorogo maupun pacitan.

budi mengungkapkan, kondisi penghubung serta bangunan air selama sekitarnya sebelumnya telah dilaporkan ke pihak terkait, tergolong dinas bina marga provinsi jatim selaku penanggung jawab jalur antarkabupaten.

wakil bupati ponorogo, yuni widyaningsih yang datang ke lokasi kejadian menunjukan pihaknya memang sudah memperoleh catatan kerusakan sejumlah infrastruktur selama sekitar penghubung, utamanya dam sungai yang jebol.

rencana perbaikan dam maupun plengsengan sungai dan telah dipersiapkan, namun proyek rehabilitasi itu ketika ini masih memasuki tahapan lelang.