BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) menungkapkan kiranya ratusan rumah pada kabupaten wonosobo serta kabupaten demak selama provinsi jawa sedang rusak setelah diterjang angin puting beliung.

puting beliung yang kemudian didampingi hujan deras menerjang wilayah pada kabupaten wonosobo juga kabupaten demak, provinsi jawa sedang selama selasa (9/4). laporan sementara menyebutkan ratusan properti mengalami kerusakan, papar kepala pusat data Informasi serta humas bnpb sutopo purwo nugroho selama jakarta, selasa.

dia mengajarkan, dalam kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan serta desa banyumudal yang terletak pada kecamatan sapuran selama selasa, jam 13.30 wib.

data tetapi mencatat sekitar 300 properti selama keadaan rusak tengah sampai rusak berat, ujarnya.

sejauh ini, kata dia, upaya penanganan baru terkendala oleh listrik yang padam dan kondisi pada lapangan yang terletak selama daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia menunjukan kiranya Satu desa terisolir akibat jalan menuju objek wisata desa itu lumayan berat.

selain tersebut, berdasarkan dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) dalam kabupaten wonosobo dan menyulitkan koordinasi antara pemerintah daerah setempat, tim sar, juga relawan selama penanganan bencana.

namun, pendataan terhadap kerusakan juga kerugian hingga ketika ini masih terus dilaksanakan, tutur sutopo.

sementara itu, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung yang terjadi pada kabupaten demak menerjang desa pilangrejo dalam kecamatan wonosalam selama pukul 15.20 wib.

sekitar 20 properti mengalami kerusakan. bpbd demak masih terus mengerjakan pendataan kerusakan juga kerugian, ujarnya.

sutopo juga menyatakan bencana lain yang terjadi di jawa tengah selama selasa (9/4), yaitu selama kabupaten kendal pada jam 13.00 wib.

bencana pada kendal itu tanah longsor di pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik itu pada desa campurjo, kecamatan boja, kendal sampai menimpa karyawan. resikonya dua orang meninggal dunia juga enam pihak luka-luka, katanya.

semua korban tersebut, tutur sutopo, sudah dievakuasi ke properti sakit permata medika di ngaliyan, semarang.