TKI korban kebakaran di Malaysia memprihatinkan

sekitar 200 tenaga kerja indonesia (tki) dan web tinggalnya selama malaysia terbakar, kondisinya memprihatinkan karena selain kehilangan harta benda mereka dan kesulitan mengikuti kebutuhan sehari-hari serta cuma mengandalkan bantuan daripada masyarakat indonesia yang lain yang bersimpati.

kami hanya berusaha agar menyelamatkan anggota keluarga saja akan tetapi produk-produk pada dalam properti kongsi (bedeng sementara) tak sempat terselamatkan, tutur zaki, pekerja asal pulau kangean, jawa timur, saat dijumpai pada objek wisata kebakaran dalam kurang lebih kawasan aman heights condominium, seri kembangan, selangor, malaysia, minggu.

para korban hanya mampu menyelamatkan pakaian dan melekat di badan oleh karenanya tidak miliki gantinya. namun beberapa hari ini sederat santunan telah datang dari para warga indonesia yang bersimpati.

sudah ada pilihan pihak yang memberikan bantuan untuk pemakaian pakaian dan makanan. kami amat berterima kasih atas bantuan daripada sesama warga indonesia yang tinggal di malaysia, ungkapnya.

Informasi Lainnya:

mengenai sebab kebakaran properti kongsi tersebut secara pasti belum diketahui, namun ada dugaan akibat hubungan arus pendek listrik.

kebakaran terjadi jam enam pagi waktu malaysia ataupun menjelang subuh oleh karenanya kaum pekerja tidak sempat menyelematkan harta bendanya.

menurut dia, kebakaran dan terjadi selasa pagi (7/5) itu tidak saja meludeskan website tinggalnya, namun harta benda dan dan paspor sebagai bukti kewarganegaraan ikut dilalap si jago merah tersebut.

namun itulah, kata dia, kaum korban kebakaran itu tetap dipaksa berusaha dan manakala tak akan berusaha, pimpinan proyek mengancam ingin memanggil polisi supaya mereka ditangkap sebab tidak punya dokumen.

sementara tersebut, kondisi tempat kembali pascakebakaran serta amat memprihatinkan sebab tak baik agar huni dan di malam hari terasa dingin serta jika hujan serta air mudah tergenang.

dalam situasi seperti itu, sejumlah pekerja mengambil inisiatif agar mengembangkan tempat terserah darurat dengan membuat gubuk dari triplek dalam lantai dasar bangunan dan baru pada proses pengerjaan tersebut.

seharian kami membangun bersama gubuk tersebut dan sekarang sudah ada beberapa dan bisa dimanfaatkan, papar zaki.

bantuan sesama wni

sejumlah komunitas masyarakat indonesia dalam malaysia setelah mendapatkan info mengenai musibah tersebut sekarang telah menyalurkan santunan menarik dengan langsung ataupun dikumpulkan bersama dengan sederat komunitas.

menurut danil daulay junaidy, asli wni dan turut membantu penggalangan bantuan agar korban kebakaran, sekarang ini bantuan berupa makanan, minuman, obat-obatan, pakaian pantas pakai sudah diberikan langsung ke objek wisata kebakaran.

bantuan tersebut selain dari kbri kuala lumpur, serta datang daripada rombongan grup edukasi supaya bangsa (eub), mahasiswa universitas terbuka pokjar kuala lumpur, sikl, ormas muhamadiyah cabang kuala lumpur juga sederat dari perusahaan.

hari ini diberikan santunan berupa pakaian anak-anak, baju supaya orang dewasa, sepatu, sendal, topi, bantal, selimut, bahkan dorongan bayi mengingat ditempat kebakaran itu juga terdapat bayi berusia dua bulan, katanya.

atas sumbangan wni itu, kaum korban kebakaran sangat berterima kasih karena produk-produk semisal tersebut yang mereka perlukan oleh karenanya bisa segera digunakan.

bantuan tersebut sangat diperlukannya, tapi mereka juga harapkan mampu memperoleh santunan keuangan sebab disamping biaya mereka ikut terbakar, para pekerja itu sudah dua bulan belum terima gaji, ungkap dia.